Sampah Pikiran

Kumpulan hal2 tak penting yang berseliweran di otak si empunya blog

Pengaruh Sudut Pandang September 9, 2008

Filed under: My Thoughts — ritchiepermadi @ 12:16 am
Tags: ,

Sudut pandang berefek besar pada sebagian besar hal yang kita alami. Dan ngliat suatu hal dengan berbagai sudut pandang itu penting.

Ga percaya? Ga mo tau? Ya udah tutup aja blog ini. Percaya? Udah tau? Ya udah tutup aja blog ini. Penasaran? Baca aj mpe abiz ^^

sebenernya belakangan ini banyak bgt masalah yang menyangkut sudut pandang yang gw alami. Tapi gw akan menulis 2 di antaranya. Gw kyna bakal menulis singkat. Secara sekarang ini tangan kanan gw lagi keseleo, ktna tulangnya ad retak dikid. *doakan cepat sembuh ya… udah mule kuliah nii…*

Ehem. Balik ke urusan sudut pandang. Apa sih yang gw maksud dengan sudut pandang? Sudut pandang itu maksudnya cara memandang suatu hal, biasanya relatif. Artinya, suatu hal kalo diliat dari sudut pandang yang berbeda. Hasilnya bisa bertambah baik ato malah bertambah buruk, ato ga ada efeknya sama sekali, karena dipengaruhi sudut pandang lain. Ribet yah? Yaa mungkin loe bakal ngerti maksud gw setelah baca blog ini sampe abiz. ^^

Lagi2 ehem. *kapan abiznya kalo mulai aj belom?* Aduh kebiasaan lama muncul lagi. Bilangnya mau bikin post yang singkat tapi ujung2nya kebanyakan kata2 yang keluar dari otak. Huhu they’re spilling out of moi brain like crazy xp

Contoh pertama :

Okei jadii ceritanya, hari Jumat lalu gw ada latian koor. Latian berlangsung normal. Salah gw, gw ga bawa (malah bahkan ga punya) beberapa lagu baru. Trus di akhir pertemuan, pelatihnya nanya, “Kamu koq byk ga punya teks seh? Coba Canon in D punya ga?” gw jawab, “punya,” trus dy nanya lagi, “punya teks trumpet voluntary ga?” gw jawab lagi, “punya.” Suddenly semua ketawa. Kenapa? Mari kita bahas satu persatu sudut pandangnya. Sebelum itu, gw mau menjelaskan bahwa gw adalah pemain organ. Dan trumpet voluntary adalah lagu instrumental organ yang biasa digunakan untuk mengiringi misa perkawinan xp

Dari sudut pandang pelatih koor : yang dy maksud tentunya adalah teks lagu koor.

Dari sudut pandang teman2 koor : yang mereka tangkap tentunya juga teks lagu koor, dan ga semua dr mereka tau bahwa gw adalah seorang pemain organ.

Dari sudut pandang gw : gw punya teks organnya. Jadi gw dengan santainya jawab punya.

Kemudian dari berbagai sudut pandang bisa ditarik beberapa pernyataan baru.

Dari sudut pandang teman2 koor yang ga tau bahwa gw seorang pemain organ : gw ga tau dan asal jawab. Mereka anggep gw ga tau bahwa trumpet voluntary adalah lagu instrumental.

Dari sudut pandang gw : ga bisa disangkal, kalo semua orang berada dalam posisi gw, pasti mikirnya ke arah bohong. Gw pasti mikir bahwa orang lain ngecap gw bohong.

Gw salah. Kenapa? Gw ga memperhitungkan bahwa dari sudut pandang seorang pelatih koor, yang dy maksud adalah teks lagu koor. Emang bener gw punya teks lagunya, tapi maksud gw adalah teks lagu organ. Miskomunikasi terjadi. And that sucks… xp

itu adalah contoh pertama.

Contoh kedua :

Jadi ini berkaitan erat dengan pengalaman saat gw duduk di bangku SMA. Gw selalu mengira2 apa yang akan terjadi saat gw memilih tempat duduk di posisi tertentu. Pendapat umum :

1. Kursi di depan tuh untuk orang pinter yang alim, ditambah lagi ga bs ngobrol.

2. Kursi di belakang tuh untuk orang yang bisa dengan bebasnya ngobrol.

Dari sudut pandang guru juga mayoritas menganut pendapat yang sama. Teachers tend to pay their attention more to the back than to the front. Kenapa? Karena banyak guru mengasumsikan bahwa anak2 di belakang adalah anak2 yang suka ngobrol. Sudut pandang itu membuat gw betah di depan selama 1 tahun di kelas 3 SMA. Ngobrolnya tetep sama koq, ributnya sama, tidurnya sama, nyeletuknya sama, asiknya sama, ditambah lagi nilai lebih bagus drpd ank2 deretan blkg. Dan di kelas yang rame, guru akan lebih sering mampir ke belakang untuk menenangkan anak2 yang ribut. Itu terjadi d CC, paling ga. Dan ini bisa salah tergantung dari mental dan kepribadian gurunya. Kalo gurunya cuek, yaaa duduk di belakang n depan sama aja, orang tidur jg ga digubris.

Gw seneng berpikir kebalik ky gini. Kenapa? Ya that’s just who I am. Gw suka ngebalik2 pola pikir dan sangat amat menyenangkan ketika tau bahwa orang yang kita pikirkan benar2 melakukan apa yang ada di pikiran kita.

Dah ah, malam semakin larut, tangan semakin sakit, tidur semakin sedikit, besok pagi ada kuliah menggambar… wew… tha2… xp

 

5 Responses to “Pengaruh Sudut Pandang”

  1. Tya Says:

    Ah~ stlh sekian lm lw ga post, lw menyuguhkan post yg mnarik *spert biasa.. krn post lw slalu mnarik*
    perbedaan sudtu pandang emg sgt brpengaruh pd ksimpulan dan hasil.. lol..
    bahkan prbedaan sudtu pandang dlm mnulis suatu prosa juga brpengaruh pd knyamanan pmbaca.. *lho. yasuw lah. manusia pngarang emg bgitu pnilaianna.. XD*
    tgn ksleo? –” kog bs?

  2. Cile Says:

    ahaha . yang soal si kak Yo tanya soal teks choir ituh ?
    emang pada ktawa ya ?
    gue gak ngeh ^^;; , tapi gue stuju soal sudut pandang yg loe mxd kan . haha . kalo gada teks copy aja, Chie . Gue juga kmaren disindir sama kak Yo gara” ga bawa brevis C . haha . bsk nya gue copy dari Inggrid deh xD~

  3. Pretpret Says:

    hohoho topic ini cukup menarik. yaa kalo blh berkomentar, gw jg termasuk org yg suka berpikir dr semua sudut pandang, dlm hal apapun itu *dan byk org yg mengakui gw seperti itu hahahaha…* gara2 cara berpikir gw seperti itu, sering sekali, byk hal yg gw dapatkan untuk dijadikan solusi dlm suatu masalah tapi untk org lain, itu tidak pernah terpikirkan.

    beruntung sekali gw bs berpikir dan melihat sgla hal seperti itu krna itu jg membuat gw mnjadi org yg berpikiran ke depan, lebih maju dan lebih luas pasti nya hahaha.

    satu hal, jgn pnh puas untuk berpikir dr satu sudut pandang saja, tapi coba ntu terus menggali pikiran lo untuk berpikir dlm byk bntuk sudut pandang, maka dgn bgtu akan makin terlihat baik dan buruk nya hal yg kita lihat itu

    yeahhh!!! mantap!!
    its nice to share with others.

  4. tetchi9190 Says:

    thx 4 sharing xp
    hehehe

  5. Pretpret Says:

    btw dr blog lo di atas, gw blm dpt kesimpulan dr lo soal sudut pandang hehehe. jadi kesimpulan nya apan chie?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.