Sampah Pikiran

Kumpulan hal2 tak penting yang berseliweran di otak si empunya blog

Ujian, Belajar, Peluang, dan Harapan March 21, 2008

Filed under: My Thoughts — ritchiepermadi @ 9:38 pm
Tags:

Ini blog yang gw salin dari blog gw yg lama. Kenapa?

Walaupun basi, ini berisi pikiran gw ^^ agak kompleks dan sotoy, tp bener kayaknya. Blog ini gw tulis waktu hari pertama ulangan umum, n gw salin biar u semua bisa baca blog ini tanpa harus mampir ke blog gw yang lama.

Here goes.

“Hari ini adalah hari pertama gw ulangan umum, n gw anggep ini bukan awal yang baik.

Hari ini ulangan kimia. Menurut gw soalnya standar, bahannya jg standar, Sifat koligatif larutan, reaksi redoks, elektrokimia, kimia unsur, hidrokarbon, n radioaktif. Ga ad yang terlalu susah, ga bs jg dblg gampang. Serba standar, setelah soalnya diperhatiin n dicermati lebih lanjut. Sayangnya perhatian n kecermatan ini baru keluar SETELAH ulangan dan bukan SEBELUM ulangan.

Apa mau dikata, setelah nyocokin hasil jawaban gw ma tmn gw (yang konon katanya cukup pintar, n mgkn bukan cm sekedar cukup), dari 40 soal kimia yang tadi gw kerjain, gw cm bener 28. 28 : 4 = 7. 7 untuk awal sebuah ulangan umum bukan merupakan nilai yang bagus. Ga remed sih, emank… Tp ga puas, lagipula riskan. Gmn klo tnyata tmn gw salah? Iya klo tnyata salah truz yg bener gw. Klo ga?

Mundur sdikit lagi, masih inget ma resolusi gw? Gw bilang mau belajar, gw mw jd orang yg lebih rajin, plg ga sdikit demi sdikit. Dan kemaren, gw lakukan itu. Menurut gw, gw bs ngerjain semua latian yang dikasih dengan baik, yap, semua bs gw kerjain, walaupun plus nanya sana-sini. Mundur lebih jauh lagi, gw jd inget wkt taon ajaran lalu, dmana maen PS dah jd agenda pasti menjelang ulangan umum, menggantikan porsi blajar. Orang laen sibuk blajar n berkutat ma angka [buat ank SOS mgkn berkutat ma masalah sosial? Gw ga tau, pokoknya sibuk], gw malah nyantai, tidur, maen, smsan, tpon, gangguin orang blajar tanpa tau diri. Mau tau brp nilai yg gw dapet dengan usaha minimalis n bqin nyokap melengking histeris non-stop itu? Yaa sekitar 7-8 jg.

Setelah refleksi mundur bbrp kali ke belakang, gw sampai pada kesimpulan bahwa ada aj org ky gw yang walaupun ud blajar, ttp aj dapetnya pas-pasan. Jadi mending ga usah belajar, ya ga? Salah, dudul. Beberapa menit kemudian gw inget pelajaran matematika di kelas XI. Semuanya ada peluangnya, ada permutasi dan kombinasi begitu rumit yang mengatur seluruh kehidupan di alam semesta. Ada peluang konsentrasi u buyar gara-gara ngeliat guru seksi yang ngelewatin koridor buat cowo-cowo normal, ato gara-gara keinget di ruma ga ada orang n u lupa ngangkat jemuran di musim ujan buat cewe-cewe yang ga punya pembokat. Di mana contoh yang kedua ini juga merupakan contoh absurd akan adanya peluang. Berapa sih peluang ada cewe yg hari gini tugasnya masih ngangkatin jemuran, ga pny pmbokat, n bokap-nyokapnya kerja? Kecil banget kan? Tapi bukan itu yang pengen gw bahas. Bukan cewenya, tapi peluangnya. Kembali ke masalah ulangan tadi, kesalahan-kesalahan gw sangat amat sepele sekali. Harusnya bisa bner klo gw kerjain lebih teliti. Yaa mgkn bs jadi 8 lah.

Baru setelah gw mikir kaya gini, ada kesimpulan yang lebih “mulia” daripada kesimpulan sok tau yg berasal dari stereotip sejuta umat anak sekolah tadi. Belajar bukan ga ada gunanya, tapi memperbesar harapan u dapet nilai lebih bagus. Ibaratnya kalo ada bola dari 1 sampe 100 n u dsuru ambil satu, klo u ga blajar, mgkn bola 1-50 tertulis “Maaf, Anda kurang beruntung, coba lagi di ujian berikutnya” dan bola 51-100 tertulis “Yaa, at least kga remed“. Klo blajar, masih tergantung dari intensitas konsentrasi n daya tangkap, klo kbetulan IQ u jongkok n lalu lintas cairan otak kurang lancar ato padat merayap alias kurang encer, ya ap boleh buat, DL. Derita Loe. Mgkn bola 47-50 berubah jadi “Selamat, Anda lolos remed”. Ato kalo IQ loe cukup tinggi mgkn rangenya melebar, misalnya mulai dari bola nomer 44.

Ini cuma perumpamaan n bukan sesuatu yang pantas buat diitung. Dalam kehidupan nyata, bola yang bisa loe ambil mgkn lebih banyak dari jutaan, sedangkan ngitung peluang ga usa mpe sejuta juga pasti qta dah pusink berat. Cuma orang sinting yang mau nyoba hal-hal mustahil yang bisa Tuhan kerjakan untuk banyak orang di dunia. Dari sini qta bs ngeliat lagi, betapa Tuhan sungguh hebat, ngatur kehidupan seluruh organisme di dunia, dari kingdom Plantae sampe Animalia yang masing-masing dibagi lagi, lagi, lagi, dan lagi, menjadi genus, yang bisa digolongkan lagi menjadi spesies yang berbeda-beda, yang pastinya di dunia ga cuma 1 n masing-masing punya jutaan peluang yang berbeda-beda. Perlu diingat bahwa nilai juga ditentukan oleh asupan ASI saat kecil, kadar kesombongan, IQ, niat dan suasana belajar, sifat dan persepsi mengenai nilai, banyaknya doa, tersedianya stok snack yang memadai, mesin scanner nilai, kualitas pensil 2B yang kita pake, kesempatan untuk nyontek, kecepatan menghitung, waktu yang tersedia, n d last but not least *karena daftarnya masih panjang banget,* tentu saja hoki.

Sekarang semuanya terserah u yang baca blog ini ^^ mau blajar untuk ningkatin harapan dapet nilai bagus, ato mw ngetes keberuntungan dengan santai-santai n ga blajar.

As 4 me, gw bakal tetap blajar walaupun ngerasa agak sia-sia, kenapa? Hell, gw ud bikin resolusi. N seorang cowo [harusnya] ga pernah menjilat ludahnya sndiri. Buat yang ga ngerti peribahasa, maksudnya bukan jorok gitu, tapi maksud gw, gw ud ngomong gw akan belajar, n that’s what i’m going 2 do xp kalo mau sedikit positive thinking ditambah dengan sedikit rasionalisasi n menghibur diri, mgkn td gw lg ga hoki, n klo gw blajar buat bsk mungkin gw bakal ngambil bola yg tulisannya “Selamat, usaha Anda membuahkan hasil”.

N.B : gw berenti nulis gara2 di ms.word, blog ini dah ngelebihin 1 halaman dengan line spacing single.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s