Sampah Pikiran

Kumpulan hal2 tak penting yang berseliweran di otak si empunya blog

Pakar Gadungan? April 3, 2008

Filed under: My Blogs — ritchiepermadi @ 10:22 pm
Tags: ,

Dunia IT di Indonesia, khususnya mengenai internet dan blog, sedang dilanda kebingungan. Kenapa? Seorang “pakar” informatika, telematika, dan multimedia yang rajin membuat komentar dan kritik2 seputar dunia IT, ternyata belakangan diketahui melakukan suatu kesalahan besar (paling tidak gw dan ribuan blogger lain di Indonesia pasti merasa begitu).

“Pakar” ini menyatakan bahwa defacing / pembobolan situs2 pemerintah merupakan ulah para hacker dan blogger. Apa seorang pakar IT tidak bisa membedakan antara blogger, hacker, cracker, defacer, dan lain sebagainya? Tidak taukah ia bahwa ribuan dari blogger2 Indonesia hanyalah seorang manusia biasa yang mencatat kejadian2 yang dialami mereka tiap harinya?

Memang bisa seorang hacker mempunyai blog, dan bukan tidak mungkin jika seorang blogger mempunyai kemampuan hacking. Tetapi 100% salah menyamakan hacker dengan blogger.

Dengan berbicara seperti itu di depan umum, sesungguhnya ia telah mempermalukan dirinya sendiri dan ia telah membuat semua orang meragukan predikat “pakar” yang menempel pada namanya.

Secara pribadi, gw sendiri ga percaya ada orang seperti itu yang bisa jadi pakar. Kalo adapun, cocoknya jadi pakar Infotainment & Tabloid, sama2 IT sih, tapi . Sepertinya ia sangat getol mencari popularitas, asumsi dan kesimpulannya sangat banyak yang ngawur dan kurang didasarkan pada bukti2 yang ada.

Sebenernya kalo mau kritis, ini juga merupakan salah media massa. Berita yang tersebar tidak disaring tapi malah diterima mentah2. Akibatnya yang didapat adalah pembodohan masyarakat secara besar2an dan popularitas sang “pakar” yang terus membubung tinggi, jauh melewati seharusnya, jika dibandingkan dengan kemampuan sebenarnya.

Bahkan saking percayanya pada media massa, ada orang yang menulis, “Bang Roy terus majulah berikan kontribusi yang terbaik bagi Ibu Pertiwi, buktikan bahwa Anda bukanlah bullshit man.
Saya melihat orang-orang yang mengomentari Bang Roy dengan penuh sinisme, syirikme adalah tanda-tanda orang negatif yang memiliki kecemburuan tinggi dan tidak mampu memberikan yang terbaik untuk Negara.
Lebih baik berbuat daripada sibuk mengomentari, Indonesia tidak butuh komentator tapi butuh pemain.” Emang ga salah sih komentar begitu, tapi itu menandakan bahwa ia hanyalah seorang awam yang tak mengerti apa yang telah Roy Suryo nyatakan dan kemukakan. Indonesia memang tidak butuh komentator. Tetapi Roy Suryo sendiri adalah komentator, bukan pemain yang berkualitas yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

Belakangan ini gw makin shock setelah mengetahui banyak kabar buruk tentang sang “pakar”, gw jadi sering keluar masuk mampir blog2 orang dan browsing di internet tentang seorang “pakar” bernama Roy Suryo ini. Dan mau tau apa yang gw temukan? Ternyata ia telah banyak melakukan banyak sekali kebodohan yang menuai protes dari golongan masyarakat terpelajar.

Bisa dicek di berbagai macam web dan blog. Memang sih, ada yang cuek aja. Bahkan ada hacker yang membela Roy Suryo dengan menyatakan bahwa semua manusia punya hak ngomong (selain itu mereka juga merasa bahwa Roy Suryo ciap2 juga ga ada efeknya buat mereka) .Tapi kalo gw, gw ga tahan ngeliat cara ngomong dan caranya ngambil kesimpulan dan menyatakan asumsi. Kesannya bener2 seperti “pakar” yang makin ahli bukannya makin merunduk tapi malah makin tegak. Dan menurut gw, something must be done to fix this mess. Yang jelas, gw hanya bisa ngomong dan menyatakan pendapat lewat blog gw ini. I mean, gw tu sapa sih? Orang yang dikenal publik pun bukan. It’s up to those real experts out there.

PS : Apakah Roy Suryo ketakutan kalo tau gw seorang blogger? Mungkin gw bakal kirim email dan bilang, “Hai mas, hati2 ya, saya akan membobol situs dan email anda, serta mengacak2 dan mengambil file2 anda sesuka saya, karena saya adalah seorang BLOGGER”. Hahahahaha, oh how I like to make fun of stupid people *ROTFL*

Any comments?

 

13 Responses to “Pakar Gadungan?”

  1. gw setuju ma lo men, gila tuh si suryo, maen mangap ajah di depan publik, mana pas ngomentarin foto bugil sandra dewi bilangnya fivty-fivty lagi, orang bego juga tau kalo itu cuman foto palsu nyang paling2 di edit pake photoshop, emang si suryo bagusnya di kebiri ajah…..

  2. oldark Says:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=808117

    Coba buka link itu. Kalo bener, mau ikutan ga chi? Tempatnya sih gw tau, cuma agak jauh aja. Deket2 Tangerang situ.

    Gw sebagai blogger sih agak tersentil aja dia ngomong gitu. Tapi, gw sih liatnya simple aja. Agak terpengaruh stres USM ITB sih. Gini, BLOGGER dan HACKER (atau CRACKER? Masuk kategori apa sih? Yah whatever…) itu merupakan 2 himpunan yang berbeda yang memungkinkan terjadinya irisan di antara 2 himpunan itu. Artinya, ada beberapa pihak yang:

    1. Menjadi blogger dan hacker
    2. Menjadi hacker saja
    3. Menjadi blogger saja, atau
    4. Menjadi tidak keduanya.

    Nah, waktu itu kan si RS ini bilang mengancam blogger DAN hacker. Dalam prinsip logika matematika, kata DAN itu merujuk pada golongan nomor 1, golongan yang menjadi hacker dan blogger. Jadi, gw sih santai aja. Karena gw ga merasa ada di himpunan nomor 1 tapi di nomor 3, yaudalahyah.. Santai aja… Toh bukan gw yang diancam.

    Itu sih pandangan gw. Ga tau kalo ternyata pandangan si RS saking pinternya berkebalikan dengan pandangan gw.

  3. oldark Says:

    Oops, linknya salah. Maaf. Ini link yang benar. Dengan ini link yang saya berikan di atas saya ralat.
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=813522

  4. Riany Says:

    weehehehehe….
    emang bener juga sih, klo dibilang si Roy itu lebih cock jadi celebriti, apalagi kemarin ditangkap karna kasus Narkoba.

    tapi, yah. apa salahnya jadi ahli.
    seorang ahlipun bisa salah,
    bahkan ada banyak orang yang tak mampu bedakan uang dengan hacker.
    masalahnya mereka ngga go public. itu aja…

    add YM n liat blog aku yach..

  5. Leon Says:

    Masalahnya di Indonesia ini tuh ga ada lagi pakar tulen yang mau mempermalukan diri sendiri untuk muncul di infotainment. Karena media tidak bisa menemukan pakar yang benar-benar pakar, maka yang dipakai ya orang yang menganggap diri sebagai pakar. Toh tak ada ruginya buat media kalau Roy Suryo salah, karena yang akan disalahkan ya si Roy Suryo bukan medianya. Terus biarpun dia sudah salah 1000x pun, gak ada yang mau menggantikan posisinya sebagai “selebriti spesialis IT”, jadi ya lanjut terus…

    Kalo menurut gw, untuk menyelesaikan masalah ini, dibutuhkan pakar-pakar IT beneran yang berani mendidik publik dengan cara ngeceng di TV, majalah, dll. Masalahnya, gw yakin kalau kebanyakan pakar2 itu gak berkepribadian seperti itu.

  6. katH Says:

    aahhh..
    ga ngerti g..
    yg g tangkep,,
    tu kyknya pra blogger agk tersungging*tersinggung mxdnya…swt* gra” d ktain hacker..
    iy ga c???
    hahah…
    RS g kira rumah skit..
    ga twnya Roy Sryo..cpwk deee

  7. zymanq Says:

    harusnya gaji roy suryo dibayarin buat biaya dia kuliah lagi yah, kasian ilmunya kurang ^_^, malah jadi cemoohan orang, coba kalo dia minta maaf dan coba mereview semua kesalahannya, kayanya orang ga akan semakin mencemoohnya di dunia maya. baru dilihat resiko berikutnya, bisa jadi harga diri turun, ga jadi pakar lagi, ato malah dapat simpatik dari masyarakat karena dia rela menjadi pakar IT dan mau belajar juga berkembang.

  8. misstya Says:

    aduh
    segaptek-gaptekna gw, gw msi bsia bedain blogger sama hacker loh.. –“

  9. tetchi9190 Says:

    @ tya : ya jelas lah… soalna loe seorang blogger jg… wkakaka, blogger gaptek ^^;

  10. naochii Says:

    wahhhhh goblok yah tu orang~ harga diri gw sbagai seorg blogger mjg terinjak! ouh ouh~ *geje*

  11. Abhy Says:

    Ksian, dia ga punya kamus… mbo’ ya klo mau ngomong itu dipikir2 dulu lah ya… jangan ngomong dulu baru mikir… bedain cuy blogger ama hacker

    Terus terang gw baru denger ini kasus ttg Roy Suryo hari ini, pas iseng2 ngeliat komen2 di postingan Karol ttg SBY marah… hahaha… fortuitous-yet-belated banget… ga tau deh klo topik ini udh jadi dingin lagi ato blum.

    Ok, I’m a blogger; a newbie if you can name it that way. Ngeliat kasus ini, ada sedikit spark perasaan ga rela yg muncul. Gw baru mulai aktif blogging 2 bulan yg lalu, dan blum ada brapa lama, udh diasosiasiin ama hacker. Hahaha. Exasperating banget!

    Yah, tapi gw ga mau ngambil pikir panjang lah. Di mana2, org tau klo blogger itu beda dari hacker. Terserah dia mau bilang blogger itu hacker, defacer, cracker, biskuit, kerupuk… begonya dia. Toh dia ga akan bisa buktiin klo blogger = hacker (bukti: gw = blogger, gw ga bisa ngehack, blogger != hacker), jadi nama blogger ga akan tercemar. Hahaha.

    Yuk ah, balik blajar… mau exam nih… haha…

  12. ihacker Says:

    T_T
    Merujuk kata2 lo tentang hacker,seolah-olah hacker tu sama biadabnya ma cracker why must think lik’ that,profesi & filosofi hacker tu jauh bnget ama yg lo kira g mngkin hacker ngelakuin hal rendahan kya gtu,soal c suryo masing2 memiliki perspektif sndiri
    gw ngrti lo kesel,tp jgn samain hacker ma cracker !


Leave a Reply

